teknik SEO off page

Cara Menggunakan Teknik SEO Off Page

Teknik SEO off page merupakan salah satu bentuk teknik yang dilakukan untuk menaikkan peringkat website pada mesin pencari. Ada dua jenis teknik SEO yang pada umumnya di terapkan oleh para pengelola website.

Di antaranya yaitu SEO on-page dan off-page. Di artikel yang satu ini, Anda akan mengetahui apa itu SEO off-page, tujuan, dan juga cara optimasi SEO off-page.

Langkah dan Cara Penggunaan Teknik SEO Off Page

Jenis jenis SEO Off page juga sama, yang satu ini juga menjadi rangkaian proses optimasi. Namun di lakukan di luar dari situs Anda akan tetapi menjadi bagian dari faktor-faktor yang bisa mempengaruhi ranking situs Anda. Dalam hal ini anda akan lebih banyak membicarakan tentang backlink atau tautan balik.

Teknik yang satu ini di lakukan dengan cara membangun backlink dari situs tertentu yang menuju ke situs Anda. Gunanya untuk apa? Gunanya di sini untuk meningkatkan popularitas situs yang juga akan menjadi salah satu indikator menentukan posisi di mesin pencari.

Dalam setiap waktu metode SEO Off Page berkembang dan mengalami perubahan, beberapa praktisi bahkan menganggap backlink sudah tidak penting lagi. Akan tetapi banyak yang berpendapat, backlink tetaplah penting dan menentukan selama di terapkan dengan cara yang benar. Berikut ini ada beberapa jenis backlink yang di rekomendasikan oleh praktisi SEO.

  • Jejaring sosial di antaranya yaitu Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain.
  • Web 2.0 properties di antaranya yaitu Blogspot, WordPress, Weebly, Tumblr, dan sebagainya.
  • Forum signature di antaranya yaitu kaskus, forum detik, forum kompas
  • Social bookmark terbaru
  • Komentar blog dengan cara langsung mengunjungi blog sejenis dan meninggalkan komentar dan tautan.
  • Guest post terbaru
BACA  Jasa Pengetikan Di Yogyakarta Solusi Terbaik Untuk Tugas Membuat Dokumen

Teknik Optimasi SEO Off-Site

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan SEO off-site, sekarang Anda perlu mengetahui bagaimana penerapannya. Berikut ini merupakan 7 cara optimasi SEO off-site untuk website yang dapat Anda lakukan:

· Domain Authority dan Page Authority

Page dan domain authority adalah penilaian yang di lakukan terhadap sebuah website. Penilaian ini didasarkan pada usia domain, popularitas, isi website, dan kualitas konten dalam sebuah domain atau halaman website. Semakin besar angkanya akan semakin bagus.

teknik SEO off page

Anda bisa menggunakan angka ini sebagai pertimbangan untuk memilih website saat hendak melakukan link building.

· Teknik SEO Off Page Link Dofollow dan Nofollow

Ada dua jenis tautan yang perlu Anda ketahui saat ingin membuat backlink. Pertama, ada tautan bersifat dofollow yang akan di baca Google dan di gunakan untuk menentukan peringkat hingga domain dan page authority sebuah website.

Lalu ada pula tautan bersifat nofollow yang tidak akan di gunakan oleh Google untuk menilai suatu website. Anda bisa mengecek apakah sebuah link bersifat dofollow atau  nofollw dengan menggunakan ekstensi Google Chrome, NoFollow.

· Anchor Text

Google akan membaca anchor text untuk menilai relevansi antara kata kunci yang di gunakan dan tautan yang di lampirkan pada kata tersebut. Misalnya, jika Anda ingin mengarahkan pembaca ke suatu artikel website tentang SEO, maka sebaiknya gunakan anchor text “SEO”.
Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam penggunaannya, karena penggunaan anchor text berlebihan juga bisa mengundang kecurigaan dari Google hingga dapat memberikanmu penalti.

· Traffic

Traffic atau volume kunjungan ke suatu website juga penting Anda pertimbangkan saat ingin melakukan link building, terutama jika Anda saling bertukar link dengan website lain. Sebab, angka traffic juga dapat menentukan seberapa banyak pengunjung yang akan mengklik link website-mu yang di tambahkan ke website lain. Gunakan layanan jasa SEO off page ini untuk memudahkan pengoptimalan website.

BACA  Yuk Kenalan Jasa SEO Bulanan Dengan Kualitas terbaik

· Relevansi dengan Website

Bertukar link atau tautan dengan website teman atau kolegamu mungkin tidak menjadi masalah dan ini merupakan teknik SEO off page. Asal Anda dapat menyesuaikan topiknya dengan website-mu. Jangan sampai, website yang di gunakan untuk menjual kue malah melampirkan tautan yang mengarah ke website toko suku cadang kendaraan bermotor.

error: Content is protected !!